Header image  
SOLUSI KELUARGA TERCINTA  
line decor
  HOME  ::  
line decor
   
 
Manfaat Hipnosis

Di Indonesia, hipnosis masuk dalam Hipnosis Kedokteran dan menjadi salah satu seminar resmi di Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia. Seorang hipnoterapis, Ursula Markham dari Inggris dalam bukunya “Hypnotherapi”, mangatakan bahwa hipnosis atau hipnotis, adalah kondisi seseorang dalam keadaan tidur dengan rileks, santai, tetapi seluruh refleksi fisiologis tubuhnya masih tetap bekerja. Bila belakangan cukup banyak kalangan medis yang mendalami ilmu ini, sebenarnya tidak perlu heran. “Karena hipnosis telah digunakan dalam pengobatan sejak abad ke-18,”. Dalam perkembangannya, Hipnosis Kedokteran ini tidak hanya diajarkan pada calon psikiater saja, tapi juga dokter umum dan spesialis lainnya, Dr. Nurholis Majid. Kepada psikolog diajarkan hipnosis Klinik, kepada dokter gigi diajarkan hipnodonsi, dan untuk kalangan non kesehatan diajarkan Autohipnosis (Self Hypnosis). Semua itu merupakan perkembangan lanjut dari Ilmu Hipnosis. “Pada akhirnya, kita bisa melakukan terpai terhadap diri sendiri, dengan cara-cara dan alat-alat yang khusus. Dan inilah yang dimaksud dengan autohipnosis (self hypnosis atau self Healing),” ujar Dr. Nurcholis Madjid.

Teknik pengobatan hipnosis diperkenalkan oleh seorang dokter dari Austria, Franz Anton Mesmer (1734-1815), dan James Braid (1895-1960), dokter asal Inggris. Metode Hypnosis secara ilmiah telah dibuktikan dan terkenal luas penggunaannya di dunia kesehatan serta telah diakui Pemerintah USA Sejak 1958 dan Inggris Sejak 1948.

HIPNOSIS ORANG TUA PADA ANAK
Orang tua bisa melakukan hipnosis pada anaknya. Agar lebih mudah, tanamkan program dengan bahasa anak. Orang tua dapat menggunakan kata-kata, misalnya, "Bayangkan kamu di kebun binatang dan naik kuda / gajah....". Penanaman program positif ini sangat efektif dilakukan saat si anak mau tidur. Jika sikap si anak sudah kooperatif, baru orang tua bisa memasukkan program, sesuai kebutuhan. Jika anak tak kooperatif (tak bisa diajak bekerjasama), biasanya anak mengalami suatu kelainan... ujar Nurcholis menyarankan, jika ada kelainan harus diobati dulu ke dokter ahlinya atau hipnoterapis, baru ditanamkan program-program positif. Orang tua pun perlu berlatih dalam menggunakan kata-kata. Karena sikap anak sangat terpengaruh lingkungan dan orang tua. Selalulah mengucapkan kata-kata positif, agar anak benar-benar melakukan hal yang diucapkan tersebut. Orang tua bisa pula membeIikan rekaman suara CD Audio yang berisi sugesti-sugesti positif khusus anak. Serta untuk memacu otak kiri dan kanan mencapai sub genius dapat ber-maen maen dengan kartu super memory.

HATI-HATI (JANGAN SEMBARANGAN)
Menurut Nurcholis, seseorang bisa dihipnosis jika terdapat gangguan pada "rekaman" alam bawah sadar. Misalnya, cemas, takut, atau fobia. Alam bawah sadar sering terlihat dari pancaran jiwa raga seperti wajah, kelakuan/tindakan yang diambil dan tanda-tanda lainnya. Agar ‘program’ atau ‘rekaman’ baru dapat masuk atau terinstall dengan baik, maka program cleansing harus dijalankan untuk membersihkan alam bawah sadar dari program perusak/negatif (seperti virus komputer). Misalnya seorang gadis cilik melihat ibunya kesakitan saat mendapat haid hari pertama. Akhirnya, tanpa disadari, gadis tersebut mengambil kesimpulan bahwa haid hari pertama pasti sakit. Apa yang dia lihat adalah rekaman. Rekaman itu bisa membuatnya betul-betul merasa sakit saat mengalami sendiri haid. Rasa sakit tersebut bisa dihilangkan jika rekaman itu dihapus.

HIPNOSIS ORANG SEHAT
a. Hipnoterapi  (Kanker Dan Kehamilan)
Hipnoterapi berfungsi menyembuhkan dan menyehatkan gangguan yang bersifat fungsional. Artinya, jika manajemen badan kurang bagus, bisa dihipnosis. Seperti, tekanan darah naikturun atau kadar kolesterol naik-turun. Hipnoterapi tidak bisa digunakan untuk gangguan kesehatan jika ada kekurangan dari dalam (misal, tidak punya kaki) dan kekurangan dari luar (misal, kurang oksigen atau air). "Jika ingin hamil tetapi tidak ada rahim, ya tidak bisa hamil. Mau dihipnoterapi sekuat apapun tetap saja tidak bisa hamil," kata Nurcholis. Hipnosis juga bisa dipakai untuk 'menjinakkan' kanker. Kanker termasuk gangguan fungsional. Di tubuh kita ada sel-sel darah putih antibakteri dan antivirus. Nah, turunnya jumlah sel antibakteri akan menyebabkan gampang terkena infeksi. "Jika jumlah sel-sel tersebut turun, bisa dihipnosis supaya jumlahnya meningkat."

Masih pada kasus kanker, menurut Nurcholis, dalam tubuh ada sel darah putih antikanker bernama natural killer cell yang berguna mematikan sel-sel yang salah cetak. Jika kadar natural killer cell rendah, kita bisa gampang kena kanker. Untuk meningkatkan kadar sel ini dapat dengan dibantu terapi hipnosis atau hipnosis sendiri (self healing). Kadar sel ini bisa dicek di laboratorium. Sebelum dan sesudah hipnosis kondisi pasien juga harus diperiksa secara kedokteran.

Hipnosis juga bisa digunakan untuk perempuan yang susah hamil. "Misalnya untuk wanita yang dalam kondisi sehat namun tak juga bisa hamil. Bisa saja hal itu disebabkan oleh gangguan fungsi, dan bisa saja dihipnosis." Hipnosis juga bisa dilakukan jika pasien mengalami gangguan keseimbangan hormonal, yang umumnya disebabkan oleh faktor kejiwaan".

Hypnotherapy atau Clinical Hypnosis dapat juga untuk menyembuhkan gangguan mental dan meringankan gangguan fisik. Hypnosis telah terbukti secara medis bisa mengatasi berbagai macam gangguan psikologis maupun fisik. Hypnosis, tidak seperti cara pengobatan lain yang mengobati gejala (simptom) atau akibat yang muncul. Hynosis ber-urusan langsung dengan penyebab suatu masalah. Dengan menghilangkan penyebabnya maka secara otomatis akibat yang ditimbulkan akan lenyap atau tersembuhkan.

Kasus psikosomatis misalnya nyeri punggung yang tak kunjung sembuh, penderita bisa saja menggunakan obat penahan rasa sakit untuk menghilangkan rasa sakit di punggungnya. Namun hilangnya rasa sakit itu hanya sementara, setelah pengaruh obatnya hilang dia akan merasa sakit lagi dan meminum obat lagi. Ini sama sekali bukan penyembuhan. Orang tidak akan benar-benar sembuh dengan cara itu. Obat hanya akan melemahkan kita karena hidup kita menjadi tergantung dengan obat itu. Dengan terapi hipnosis atau self hypnosis, psikosomatis bisa sembuh permanen dalam waktu sangat singkat.

Untuk membantu kelancaran melahirkan pun bisa memanfaatkan hipnosis, yaitu hypnobirthing. Program hypnobirthing yang dilakukan selama kehamilan dapat membuat si ibu tenang saat persalinan sehingga proses persalinan akan berjalan relatif lancar.

b. Untuk Pendidikan
Fungsi hipnosis untuk meningkatkan konsentrasi, daya tangkap, kreatifitas, dan daya ingat serta semangat berprestasi. Salah satu kebiasaan anak yang hiperaktif biasanya kalau di sekolah selalu berjalan-jalan dikelas atau melakukan gerakan-gerakan yang menimbulkan ganguan pada teman saat aktifitas belajar berlangsung. Kebiasaan tersebut dapat hilangkan atau diminimalisir dengan hipnosis.

c. Untuk Mengurangi Berat Badan (hypnoslimming).

d. Gangguan Emosional
Hipnonis juga bisa dipakai untuk pasien yang terkena gangguan emosional atau psikosomatik, seperti sakit kepala/pusing, alergi, sakit maag. Gangguan ini sebenarnya letaknya di jiwa tetapi menjalar ke badan.

e. Untuk Gigi (hipnodonsi)
Biasanya, hipnosis dipakai terutama untuk anestesi (mengurangi rasa nyeri). Teknik hypnosis yang digunakan untuk anestesi sudah digunakan oleh John Elliotson (1791 -1868). Elliotson adalah dokter yang pertama kali menggunakan hypnosis untuk melakukan pembedahan tanpa rasa sakit. (pada masa itu belum ditemukan obat bius yang disuntikkan ataupun dihirup).

f.  Hipnosis (empowerment/promotif)
Hipnosis ini untuk meningkatkan kesehatan. Contohnya, pada anak. Hipnosis dengan mengatakan, "Kamu sehat," atau "Kamu pintar", akan membuat anak menjadi sehat dan pintar. Sebaliknya, jangan pernah katakan malas dan bodoh, karena anak akan menjadi malas dan bodoh betulan. Jangan mencela dan menjelek-jelekan anak karena ia berfikir bahwa dia diciptakan seperti itu. Memang benar kata ‘nasehat’, Anak bagaikan kertas putih yang polos, ibu bapaknya lah yang menuliskan atau menggambarkan menjadikan seperti apa dia kelak.

g. Hipnosis Progresif
Hipnosis ini untuk orang sehat yang akan menghadapi sesuatu, seperti menikah atau pindah rumah. Jadi, orang tersebut dibekali hipnosis untuk mencegah timbulnya gangguan pada jasmani dan rohaninya melalui pemberdayaan energi jiwa alam bawah sadar. Caranya, dengan berpikiran positif, dan menghindari pikiran "Jangan-jangan ....". Misalnya, "Jangan-jangan penikahan saya gagal. Jangan-jangan saya bakal cerai. Jangan-jangan proyek saya gagal. Jangan-jangan gaji tidak naik" dan lain sebagainya.

h. Hipnosis Metaphysical
Metaphysical hypnosis adalah aplikasi hypnosis dalam meneliti berbagai fenomena metafisik seperti Out of Body Travel, ESP, Clairvoyance, Clairaudience, Komunikasi dengan inner-self, meditasi, mengakses kekuatan superconscious mind dan eksperimen-eksperimen metafisika lainnya.

i. Hipnosis Forensic
Dalam penyelidikan kepolisian, hypnosis bisa digunakan untuk menggali informasi dari saksi. Suatu kejadian traumatis seperti dalam kasus kejahatan yang menakutkan cenderung membuat pikiran bawah sadar menyembunyikan ingatan yang lengkap tentang kejadian tersebut agar tidak bisa diingat oleh pikiran sadar. Tujuan pikiran sadar menyembunyikan informasi itu sesungguhnya untuk kebaikan diri sendiri, karena apabila kejadian itu bisa diingat dalam kondisi sadar, maka rasa ketakutan akan sering muncul tanpa sebab. Dengan bantuan hypnosis, korban atau saksi bisa mengingat kembali dengan sangat jelas.

Hypnosis tidak bisa digunakan untuk mendapatkan pengakuan yang jujur dari pelaku kriminal. Pertama karena pelaku kejahatan pasti akan menolak untuk dihipnotis, dan kedua dalam kondisi hypnosis, seseorang tetap bisa berbohong. Hypnosis berperan mengungkap kejahatan jika diterapkan kepada saksi atau korban. Dengan teknik regresi atau hypernesia, saksi atau korban kejahatan bisa menceritakan dengan sangat rinci tentang peristiwa yang pernah dialaminya.

Jadi manfaat hypnosis sangat banyak, terutama digunakan untuk meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup? Atau Anda seorang eksekutif yang sulit mengatasi konflik dalam kehidupan sehari-hari (di kantor, bisnis, rumahtangga, keluarga dll.)? Anda juga mengalami sulit tidur atau stres yang tak berkesudahan sehingga mengakibatkan sakit maag, sesak nafas, jantung berdebar, sering berkeringat, gigi gemerutuk pada waktu tidur malam, tegang otot, dan sakit kepala? Anda sudah berobat ke dokter langganan atau Anda sudah minum obat pereda sakit kepala untuk sementara, namun Anda tidak juga kunjung sembuh. Hipnoterapi mungkin dapat menjadi salah satu alternatif yang dapat dicoba. “Meskipun hipnosis tidak dapat menyembuhkan semua penyakit, tapi minimal dapat membantu ke arah kondisi yang lebih baik.

Yang pasti, penyembuhan lewat hipnosis makin dilirik orang. Selain mampu menyembuhkan berbagai penyakit yang berasal dari ketegangan jiwa, hipnosis juga mampu menghilangkan gangguan penyakit dari sumbernya. Bahkan setelah mencoba hipnosis, tidak ada salahnya bila Anda mencoba melakukan autohipnosis, mengobati diri sendiri melalui cara-cara yang benar, yang sistematis dan terprogram. “Karena bila dilakukan dengan benar, tidak ada efek sampingnya. Kalau pun ada pemakaian obat, itu hanyalah untuk kasus-kasus tertentu dan digunakan pada awal hipnosis”.

Manfaat lain dari hipnosis:
• meningkatkan kepercayaan diri.
• Mengoptimalkan sumberdaya manusia.
• Memperbaiki kualitas tidur.
• meningkatkan ambang nyeri yang turun pada saat stress

Note: Diambil dari berbagai sumber